Header Ads

Memanen Tembakau

Jika tembakau sudah cukup umur maka pemetikan daun tembakau yang baik adalah jika daun-daunnya telah berwarna hijau kekuning-kuningan. Daun dipetik mulai dari daun terbawah ke atas. Waktu yang baik untuk pemetikan adalah pada sore/pagi hari pada saat hari cerah. Pemetikan dapat dilakukan berselang 3-5 hari, dengan jumlah daun satu kali petik antara 2-4 helai tiap tanaman. Untuk setiap tanaman dapat dilakukan pemetikan sebanyak 5 kali.

Di Desa Kaponan, Mlarak, Ponorogo memanen tembakau biasanya memakai dodot yaitu kebo yang disambung memanjang bisa 2 sampai 4 kebo dijadikan satu. kemudian setelah danun tembakau sudah dipetik maka cara menaruhnya juga harus dijajar rapi memanjang dari ujung dodot sehingga nantinya bisa digulung menjadi selinder agar mudah ketika membawanya.

Jika tembaku sudah dipetik maka harus diimbu dulu sebelum dirajang. cara mengimbunya pun juga harus diperhatikan yaitu bonggol daun ada dibawah jadi seolah daun diberdirikan. tutupi daun tembaku yang di imbu tersebut dengan trepal atau yang cukup untung menutupinya, diamkan 2-3 hari jika daun sudah kuning berarti sudah matang maka siap untuk dirajang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.