Header Ads

Kesenian Gajah-Gajahan

Kaponan - Kesenian Gajaah-gajahan tak kalah terkenalnya dengan Reyog, kesenian ini cukup membudaya di Desa Kaponan, Hampir setiap ada hajatan desa, ditanggapne gajah. Masyarakat pun cukup antusias menghadiri acara ini. Dari kalangan anak-anak, pemuda, dewasa bahkan yang sudah tua hampir semua lapisan masyarakat menyukainya.

Sebuah keranjang bambu yang cukup besar dibalut kain dan dihias menyerupai gajah, dipangkul oleh 2 orang didalamnya, dengan satu penari cantik berpakain layaknya jathil menunggang diatasnya berjoget gemulai, sesuai iringan tabuhan dari kendang kenong dan gong yang ditabuh mengiringi, tak lupa suara merdu para penyanyi pasti ada, ratusan warga mengiringi dan mengikuti kemanapun gajah ini berjalan dengan keasikan berjoget serta bernyanyi.Seperti itulah sedikit deskripsi tentang kesenian gajah-gajahan dari Desa Kaponan ini.

Jika Kesenian ini ditanggap oleh warga secara personal seperti untuk memeriahkan ketika dia mantu maka segala kebutuhan dan kelengkapan ditanggung oleh pribadi perorangan. namun jika Kesenian ini ditanggap oleh desa atau masyarakat luas maka akan ada sebuah posko tiap radius 500meter untuk istirahat, dan uniknya tiap posko pasti terdapat beraneka macam makanan dan minuman yang secara otomatis datang dengan sendirinya tanpa diminta, yaitu sumbangan dari warga sekitar.



3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.