Header Ads

Pasar Krempyeng Dongkrak Ekonomi Warga

DesaKaponan.com – Covid-19 sudah 2 tahun berjalan. Tahun ini sudah memasuki tahun ketiga. Sempat melandai di akhir tahun 2021, kini Indonesia bersiap menghadapi serangan gelombang 3 Covid-19 dengan varian Omicron. Serangan Covid-19 tidak saja berdampak pada kesehatan tetapi juga berbagai aspek, salah satunya ekonomi masyarakat khususnya di Desa Kaponan.


Salah satu upaya untuk meningkatkan geliat ekonomi khususnya ekonomi desa adalah program Pasar Krempyeng, ini diadakan di masing-masing desa di Kabupaten Ponorogo, termasuk Desa Kaponan. Pasar Krempyeng Desa Kaponan kali ini digelar di Dukuh Kaponan II, tepatnya di Halaman Bengkel Pak Gareng.

Dengan menggandeng ibu-ibu PKK Desa Kaponan, Pasar dadakan ini sukses digelar. Antusiasme warga Desa Kaponan untuk berjualan pun sangat terlihat, Mulai produk olahan, buah, sayur mayur, makanan jadi, jajanan, sampai kerajinan tangan. Selain itu produk asli masyarakat desa Kaponan pun tersedia di pasar itu. Harga yang dipatok per produk juga sangat terjangkau.

“Pasar Krempyeng ini sebenarnya program dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo, maka kami selaku Pemerintah Desa Kaponan juga 100% mendukungnya, tidak hanya banyaknya pengunjung yang kami harapkan, tetapi dengan banyaknya produk yang terjual kami berharap hal ini bisa meningkatkan penghasilan warga yang berjualan.” Ujar Kepala Desa Kaponan H. Marwandi di sela-sela kunjungannya. Minggu (6/2/2022).



Di Pasar Krempyeng ini juga ada program minyak goreng murah, tetapi hanya boleh dibeli oleh warga yang kurang mampu. “Kita bagikan 50 Kupon untuk bisa mendapatkan diskon minyak goreng, minyak goreng murah hanya boleh dibeli oleh pemegang kupon, dan itu hanya untuk warga miskin.” Jelas Kamituwo Dukuh Kaponan II. Mbah Wo Diki (Sapaan Kepala Dukuh Kaponan II itu) mengungkapkan, bahwa pemberian kupon diskon ini semata-mata untuk membantu warga miskin agar bisa membeli minyak goreng dengan harga terjangkau. “Bulan depan Pasar Krempyeng kita pusatkan di Dukuh Kaponan I” Pungkasnya. (PM)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.