Header Ads

Aplikasi Elsimil Penting Bagi Calon Pengantin

 


DesaKaponan.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengembangkan aplikasi eletronik siap Nikah dan Hamil (Elsimil) untuk menekan kasus stunting yang diawali dari pasangan calon pengantin. Aplikasi ini diterapkan di seluruh Indonesia dengan menggandeng seluruh elemen yang ada di daerah sampai di tingkat desa, termasuk Desa Kaponan.

Elsimil merupakan singkatan dari Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil. Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kodisi calon pasangan pengantin.

Aplikasi Elsimil berfungsi sebagai alat skrining kondisi calon pengantin. Aplikasi ini menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping, media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil dan alat pantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatmen peningkatan status gizi. Juga menjadi salah satu upaya menurunkan stunting melalui kesiapan calon pengantian dalam kondisi ideal siap menikah.

Sedangkan bagi perempuan yang terdeteksi mengalami kekurangan gizi, akan memperoleh edukasi cara-cara meningkatkan indeks massa tubuh. Sehingga, calon ibu dapat memenuhi syarat untuk hamil dan tidak melahirkan bayi dalam kondisi stunting.

Tidak hanya dari Dinas Kesehatan, Kementrian Agama dalam hal ini KUA Kecamatan Mlarak juga gencar mensosialisasikan aplikasi ini untuk di unduh oleh calon pengantin.

Kepala KUA Kecamatan Mlarak, KH. Tajul Mujahiddin, S.Ag. M.Pd.I menjelaskan, “Tujuan menikah adalah untuk beribadah, sehingga pasangan calon pengantin diharapkan nantinya bisa menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah, maka jika terjadi kelahiran stunting tujuan itu akan sulit tercapai, oleh karena itu aplikasi Elsimil juga kita sosialisasikan sejak dini kepada calon pengantin dengan harapan hal ini bisa mengurangi atau menekan angka stunting, sebab untuk menghasilkan bayi yang sehat, catin juga harus sehat baik jasmani maupun rohaninya."

Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store, dan untuk penggunaannya nanti akan ada panduan dari Tenaga Kesehatan Desa, Kader PPKBD, Dan Kader Stunting Desa.

Download Aplikasi Elsimil

Editor : PM

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.