Header Ads

Koordinasi Penguatan P4K dan Pembentukan Forum Peduli KIA Desa Kaponan

DesaKaponan.com – Rapat Pertemuan Koordinasi Penguatan P4K dan Pembentukan Forum Peduli KIA dalam mendukung P4K dalam wilayah kerja puskesmas mlarak di Balai Desa Kapinan Rabu, 23/06/2022 jam 09.00 wib Sampai dengan selesai.

Program perencanaan persalinan dan penangan an komplikasi ( P4K ) untuk menurukan angka kematian dan bayi baru lahir, kegiatan ini dihadiri langsung oleh DR. Muklas Hamidi selaku Kepala Puskesmas Mlarak, H. Marwandi selaku Kepala Desa, Peserta undangan dalam Kegiatan ini : ibu hamil, para kader posyandu, kader stunting, bidan desa dan dari dinas kesehatan.

Reni Suciati, S, ST Bidan Desa Kaponan juga selaku Narasumber menjelaskan P4K ( Program Perencanaan Persalinan dan Penanganan Komplikasi) merupakan salah satu upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir melalui peningkatan akses dan mutu pelayanan, pertolongan , persalinan, pencegahan komplikasi dan keluarga berencana oleh bidan, bidan desa harus sering kontak dengan ibu hamil, dan disetiap rumah ibu hamil dipasang stiker, dan harus memiliki buku kesehatan ibu dan anak. 

Bidan Desa Kaponan tersebut menjelaskan bahwa di Desa Kaponan harus digencarkan sosialisasi terhadap ibu hamil yang belum pernah periksa agar memeriksakan kehamilannya ke Ponkesdes karena hal ini sangat dibutuhkan untuk pendataan juga antisipasi dan pantauan sejak dini terhadap ibu hamil. (PM) 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.