Header Ads

100 DOSIS VAKSIN CEGAH PMK PADA SAPI DI DESA KAPONAN

DesaKaponan.com – Desa Kaponan mendapatkan jatah kuota 100 vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk ternak sapi dari Kabupaten Ponorogo. Diharapkan dengan jatah itu, Tidak ada PMK yang menyerang ternak sapi di Desa Kaponan

Kepala Desa Kaponan H. Marwandi bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kamituwo mendampingi Dokter Hewan dan Penyuluh Hewan dari Kabupaten Ponorogo untuk melakukan vaksin PMK pada ternak sapi milik warga Desa Kaponan. Senin (04/07/2022) 

“Target kita hari ini sesuai jatah yakni 100 vaksin akan disuntikkan, meskipun ini belum ada setengah dari total sapi yang ada namun akan kita upayakan mendapatkan seluruhnya” Ungkap Kepala Desa Kaponan di sela-sela pelaksanaan.

Kegiatan ini khususnya di Desa Kaponan adalah tahap pencegahan, tidak ada kasus PMK yang sampai terjadi kematian, sebenarnya ada 226 ekor sapi yang terdata, sehingga yang belum mendapatkan vaksin akan dijadwalkan kemudian. “Melihat perkembangan PMK di Kabupaten Ponorogo, Kita berusaha untuk mengantisipasi hal yang belum terjadi dan semoga tidak terjadi”. Ujar Muhammad Nasrul Suksmana, Kamituwo Dukuh Kaponan I saat diwawancarai.

Dokter Hewan Drh. Dedy Sugianto menyampaikan “Kepada masyarakat dihimbau, jika hendak menjual hewan ternak untuk dilihat kondisinya terlebih dahulu. Gejalanya ada apa tidak, jika ada bisa dilaporkan supaya lebih aman.

Kategori sapi yang di vaksin adalah yang kondisinya sehat, umur lebih dari 4 bulan, kondisi hamil tetap bisa di vaksin, dan bukan sapi yang sudah dipersiapkan untuk qurban. Sapi yang sakit justru akan mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan dari dokter hewan dan hari ini gratis.

Misbahudin, salah satu warga pemilik sapi di Desa Kaponan, mengaku senang sudah adanya vaksin di Kabupaten Ponorogo. Menurutnya, pemberian vaksinasi PMK adalah hal baik bagi ternaknya. Sebab, peternak tidak lagi diliputi kekhawatiran ternaknya akan terkena PMK.

“Kita resah dan waspada sebelumnya, namun dengan adanya vaksin ini tentu membuat lega kami sebagai peternak,” ucapnya. (PM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.