Header Ads

Disnaker Ponorogo Fasilitasi Buruh Petani Tembakau Desa Kaponan Dengan Pelatihan Berbasis Kompetensi

DesaKaponan.com - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo menggelar pelatihan berbasis kompetensi melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022 di Desa Kaponan, dengan Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian. Senin (31/10/2022).

Dalam Pembukaan Kegiatan hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo bersama Tim, Camat Mlarak, dan Kepala Desa Kaponan. Pelatihan ini diikuti oleh 36 peserta dengan dibagi menjadi 2 kelas pelatihan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo Drs. Suprianto, MM menyampaikan, pelatihan berbasis kompetensi melalui dana dari DBHCHT ini difokuskan pada keluarga buruh tani tembakau yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo “Kesempatan kali ini kita berikan kepada Desa Kaponan yang notabene mempunyai produk unggulan tembakau, yang tentunya banyak pula pekerja dan buruh tembakau yang perlu tambahan ilmu dan kreatifitas ”. jelasnya.

Camat Mlarak Setya Antari, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan “Kesempatan ini tidak diberikan ke semua desa, maka Desa Kaponan harus benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan ini, juga dalam pelatihan nanti akan diberikan materi produktivitas dan keterampilan, tidak hanya teori tetapi juga praktik. Sehingga diharapkan peserta pelatihan benar-benar bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk ditindak lanjuti menjadi sumber baru perekonomian keluarga.”

Kepala Desa Kaponan H. Marwandi, juga mengungkapakan rasa syukurnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada warga masyarakat Desa Kaponan untuk mengikuti pelatihan ini. “Semoga kegiatan ini benar-benar bermanfaat untuk warga kami, dan mendapatkan hasil yang memuaskan” Ungkapnya.

Setelah acara pembukaan, peserta dibagi menjadi 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 18 peserta, yang kemudian diberi materi dan pelatihan membuat roti dan kue dari Dinas Ketenagakerjaan Ponorogo. Untuk selanjutnya pelatihan ini akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.